Tim Ahli WHO Akhirnya Mendarat di Wuhan untuk Selidiki Asal Virus Corona

oleh -53 views

TRIBUNNEWS.COM,  BEIJING — Lebih dari setahun setelah virus corona pertama kali muncul di China, tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya tiba pada Kamis (14/1/2021) di pusat kota Wuhan untuk mulai menyelidiki asal virus corona (Covid-19).

Penyelidikan oleh tim yang terdiri dari 10 ilmuwan adalah langkah penting dalam memahami bagaimana virus melompat ke manusia dari hewan sehingga pandemi lain dapat dihindari.

Mendapatkan jawaban kemungkinan besar akan sulit.

Pemerintah China, yang terkenal waspada terhadap pengawasan dari luar, telah berulang kali menghambat kedatangan tim – dan penyelidikan.

Bahkan dalam keadaan terbaik, penyelidikan bisa memakan waktu berbulan-bulan, jika tidak lebih lama. Tim juga harus menavigasi upaya oleh China untuk mempolitisasi penyelidikan.

China mengatur rintangan dan mendorong pengawasan ketat.

Penundaan visa. Aturan karantina dan lainnya.

Tampaknya khawatir tentang menarik perhatian baru pada kesalahan awal negara itu dalam menangani pandemi, para pejabat China telah menggunakan berbagai taktik selama setahun terakhir untuk menghambat penyelidikan WHO.

Baca juga: Sempat Tertunda, China: Para Ahli WHO Akan Tiba Hari Kamis untuk Penyelidikan Asal-Usul Virus Corona

Setelah menolak tuntutan dari negara-negara lain untuk memungkinkan penyelidik independen ke wilayahnya untuk mempelajari asal patogen, China akhirnya membiarkan dua ahli WHO mengunjungi pada bulan Juli lalu untuk meletakkan dasar. Kemudian segera menempatkan tim ke karantina selama 14 hari, memaksa anggotanya untuk melakukan beberapa pekerjaan detektif mereka dari kejauhan.

Mereka tidak diizinkan mengunjungi Wuhan, tempat virus pertama kali muncul.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.