Usai Karantina 14 Hari, Akhirnya Tim WHO Mulai Selidiki Asal Usul Covid-19 di Wuhan

oleh -29 views

TRIBUNNEWS.COM, WUHAN – Tim peneliti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memulai misi penyelidikan lapangan mencari fakta tentang asal-usul virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China, yang menyebabkan pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh di dunia.

Sebenarnya tim peneliti WHO sudah berada di Wuhan sejak Kamis (14/1/2021) lalu.

Tetapi mereka masih harus diharuskan menyelesaikan 14 hari di karantina setelah tiba di China.

Tim peneliti WHO terlihat meninggalkan hotel karantina dan naik bus di tengah hari, Kamis (28/1/2021), seperti dilansir Associated Press (AP).

Baca juga: WHO Terbitkan Pedoman Klinis Baru Merawat Pasien Covid-19, Salah Satunya Saran Posisi Tengkurap

Misi ini disebut menjadi bermuatan politis karena China dianggap berusaha untuk menghindari kesalahan atas dugaan awal kesalahan langkah dalam penanganan atau respon awalnya terhadap wabah.

Muncul pertanyaan utama, ke mana otoritas China akan mengizinkan para peneliti WHO pergi dan dengan siapa mereka akan dapat berbicara.

Awal bulan ini, mantan pejabat WHO Keiji Fukuda, yang bukan bagian dari tim di Wuhan, memperingatkan agar tidak mengharapkan adanya terobosan dalam kisi Covid-19.

Dia mengatakan mungkin perlu bertahun-tahun sebelum kesimpulan tegas  dapat dibuat terkait asal virus corona.

“Ini sekarang lebih dari setahun yang lalu ketika semuanya dimulai,” katanya.

“Begitu banyak bukti fisik yang akan hilang. Kenangan atau ingatakn orang-orang tidak tepat dan mungkin tata letak fisik dari banyak tempat akan berbeda dari awal kejadian dan bagaimana orang bergerak dan sebagainya,” ujarnya.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.