WHO: Kebocoran Lab Tidak Mungkin Sebabkan Wabah Covid-19 tapi yang Satu Ini Belum Teridentifikasi

oleh -17 views

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, WUHAN – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dalam konferensi pers yang digelar di Wuhan, China, pada Selasa waktu setempat, bahwa hewan asli yang diduga menjadi perantara virus corona (Covid-19) belum bisa diidentifikasi.

Hal ini disampaikan setelah organisasi itu menghabiskan empat pekan di Wuhan untuk menyelidiki asal-usul Covid-19.

Dikutip dari laman Sputnik News, Selasa (9/2/2021), seorang Ahli asal China dari Universitas Tsinghua, Liang Wannian mengatakan dugaan kelelawar dan trenggiling dikesampingkan sebagai reservoir hewan untuk Covid-19.

Baca juga: Tim Penyelidik WHO Akan Paparkan Temuan Tentang Asal-usul Covid-19 di Wuhan

“Virus corona yang paling terkait dengan SARS-CoV-2 ditemukan pada kelelawar dan trenggiling, menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi reservoir virus yang menyebabkan Covid-19, atas dasar kemiripan dan urutan yang tinggi antara virus standar dan SARS-CoV-2,” ujar Wannian, dalam konferensi pers tersebut.

Namun, kata dia, virus yang sejauh ini diidentifikasi berasal dari spesies itu tidak cukup mirip dengan SARS-CoV-2 untuk berfungsi sebagai ‘nenek moyang langsung’ dari SARS-CoV-2.

Di sisi lain, seorang Ahli dari WHO yang memiliki spesialisasi dalam keamanan pangan, Peter Ben Embarek menyampaikan penyelidikan untuk mengidentifikasi asal-usul virus corona ini mengarah ke reservoir alami kelelawar, meskipun kecil kemungkinan spesies ini berada di Wuhan.

“Tidak ada bukti peredaran Covid-19 pada spesies hewan manapun di China pada akhir 2019. Belum saatnya untuk menentukan spesies hewan yang menjadi reservoir potensial untuk penyakit ini, mereka (ahli dari China) menunjukkan bahwa saat ini dan di tahun 2019 tampaknya tidak ada peredaran virus pada spesies hewan manapun di negara ini,” kata Embarek.

Ia juga menjelaskan, wabah Covid-19 kemungkinan besar disebabkan oleh introduksi melalui spesies inang perantara.

Baca juga: Tim WHO yang Selidiki Covid-19 di Wuhan Sebut Sudah Temukan Bukti Bagaimana Awal Pandemi Terjadi

Sementara kebocoran laboratorium dianggap sangat tidak mungkin memicu munculnya wabah tersebut.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *