WHO Tetap Terbuka Menggunakan Semua Hipotesis untuk Mencari Asal Usul Covid-19

oleh -32 views

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa lembaga ini tetap terbuka untuk menggunakan semua hipotesis dalam upaya pencarian asal usul virus corona (Covid-19).

Selama konferensi pers yang digelar di Jenewa, Swiss pada Jumat lalu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Pemimpin Tim Misi Pencari Fakta WHO ke Wuhan, Peter Ben Embarek mengatakan semua hipotesis masih terbuka untuk mempelajari asal-usul pandemi.

Sebelumnya, tim Embarek memang gagal mengidentifikasi sumber virus ini.

Namun timnya menemukan cukup bukti dan kesaksian yang secara efektif mengesampingkan anggapan bahwa virus itu bocor dari laboratorium virologi di Wuhan.

Baca juga: AS Minta China Buka-bukaan Soal Data Investigasi WHO Terkait Covid-19

Baca juga: POPULER Internasional: Temuan WHO tentang Asal Usul Covid-19 | Wanita di Myanmar Ditembak di Kepala

“Hipotesis insiden laboratorium sangat tidak mungkin, ini tidak ada dalam hipotesis yang akan kami sarankan untuk penelitian di masa depan,” kata Embarek.

Dikutip dari laman Russia Today, Minggu (14/2/2021), pernyataan ini sangat kontras dengan apa yang disampaikan Tedros.

“Beberapa pertanyaan telah diajukan, apakah beberapa hipotesis telah disingkirkan? setelah berbicara dengan beberapa anggota tim, saya ingin memastikan bahwa semua hipotesis tetap terbuka dan memerlukan analisis dan studi lebih lanjut,” kata Tedros.

Sementara itu, Iimuwan China yang bekerja di Wuhan, menjadi pihak yang diwawancarai sebagai bagian dari misi WHO.

Mereka membantah bekerja pada SARS-CoV-2 atau bahkan memiliki sampel virus yang menyebabkan Covid-19.

Anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul virus corona Covid-19, mengenakan alat pelindung terlihat selama kunjungan mereka ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Hewan Hubei di Wuhan, Provinsi Hubei tengah China pada 2 Februari 2021 .
Anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul virus corona Covid-19, mengenakan alat pelindung terlihat selama kunjungan mereka ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Hewan Hubei di Wuhan, Provinsi Hubei tengah China pada 2 Februari 2021 . (Hector RETAMAL / AFP)

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.